Blog
Sep28

Bisnis Travel? Inilah Syarat Buka Tour Travel Agen Yang Perlu Diperhatikan

2Traveling saat ini menjadi salah satu hobi banyak orang, terutama mereka yang suka akan tantangan dan tentu saja memiliki uang cukup. Mengingat hal itu, maka munculah sebuah layanan agen tour travel dengan berbagai lokasi tujuan. Namun, sebelum mendirikan usaha ini, kita harus tahu syarat buka tour travel terlebih dahulu. Travel memang bukan usaha yang mudah pengelolaannya, kecuali untuk agen atau sub agen travel. Untuk memulai bisnis travel memang memiliki banyak pertimbangan, bukan hanya dari segi syarat, modal namun juga kerjasama. Selain itu, tidak semua usaha travel sukses, karena banyak yang mengeluh karena pelayanannya yang kurang manis dan ramah. Karena itulah, sudah sewajarnya jika ingin bisnis travel ini berjalan lancar, kita harus melatih pelayanan publik agar mampu memberikan kesan yang positif.

Inilah Syarat Buka Tour Travel Agen

Untuk memulai tour travel agen, kita perlu memperhatikan beberapa syarat berikut ini, yaitu :

  • Travel agent harus memiliki badan perseroan, entah dalam bentuk PT atau CV dilengkapi dengan surat ijin pariwisata dan juga telah mendapatkan sertifikat dari ASITA atau asosiasi travel Indonesia dan juga IATA jika ingin mendapatkan tiket internasional.
  • Punya sertifikat System Reservation dan Ticketing yang berlaku untuk baik pemilik, pengelola maupun karyawannya.
  • Harus mempunyai kantor atau tempat usahanya beserta dengan sarana operasional berupa komputer, internet, alamat emal dan juga mesin fax.
  • Travel agen juga haru melakukan deposit kepada maskapai penerbangan agar bisa mendapatkan pengesahan dan pengangkatan sebagai agen travel resmi dan juga mendapatkan ijin legal untuk menjual tiket-tiket maskapai itu. Besarnya deposit berbeda-beda, tergantung level maskapai penerbangan itu sendiri.

 

Pembukaan travel agen memang tidak semudah kelihatannya. Selain syarat buka tour travel agen diatas, anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini :

  • Travel agen bukanlah bagian atau cabang dari maskapai, namun hubungan mereka hanya sebata rekan usaha dan membantu penjualan tiket tersebut.
  • Penjualan tiket bisa dilakukan oleh travel agen seluas-luasnya sesuai dengan keinginan dari travel agen.
  • Travel agen juga wajib untuk menjaga nama baik maskapai yang bersangkutan, karena bagaimanapun, hubungan mereka memang mitra.
  • Keuntungan travel agen dalam penjualan tiket adalah berupa komisi penjualan tiket yang jumlahnya bervariasi tergantung pada harga dan juga kelas tiket tersebut serta tergantung pada maskapai masing-masing.
  • Travel agen juga wajib untuk menerima, menampung dan mengatasi keluhan dari para penumpang atau konsumennya, namun tetap dibantu oleh maskapai.

 

Itulah beberapa syarat dan hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin mendirikan usaha travel agen. Terlepas dari semua syarat-syarat tersebut, tentu saja, modal juga tidak boleh diabaikan. Modal yang diperlukan meliputi uang deposit maskapai, pengurusan ijin pariwisata, pengurusan sertifikat ASITA maupun IATA, tempat usaha/kantor beserta perkakas yang diperlukan (komputer + jaringan internet, telepon, printer, mesin fax dan alamat email). Selain maskapai, pihak travel juga harus membuat kerjasama dengan tempat wisata, hotel dan lain-lain. Setelah mengurus hal-hal tersebut, anda juga harus menyusun paket wisata berupa tujuan, harga beserta fasilitas – fasilitas yang ada didalamnya. Pendirian travel agen memang rumit dan bukan perkara mudah, tapi bukan berarti sangat susah. Karena itulah, sebelum anda mendirikan usaha travel agen, ada baiknya anda benar-benar memahami syarat buka tour travel agen diatas. Jika anda berusaha, anda pasti akan bisa mengembangkan bisnis travel agen ini.

 

Daftar-Sekarang

Tags:
  • SHARE!

Related Posts

Leave a Reply