Blog
Aug15

Hal Unik Yang Terjadi Di Indonesia Saat Merayakan Idul Adha

Hello sahabat maiga tour and travel hari raya idul adha sudah tiba bagaimana cara masyarakat merayakan idul adha di tempat anda ? apakah anda sudah tau jika di indonesia ada Hal Unik Yang Terjadi Di Indnesia Saat Merayakan Idul Adha sebagai berikut informasinya silahkan baca artikel ini hingga selesai ya sahabat maiga tour and travel.

TRADISI GREBEG GUNUNGAN JOGJA

Cara merayakan idul adha ala masyarakat kota jogja ini memang berbeda dan lain dari pada yag lain, tradisi grebeg gunungan menjadi salah satu cara masyarakat merayakan idul adha yang ditunggu-tunggu setiap tahu. Acara yang digelar oleh pihak keratin Yogyakarta bersama masyarakat kota pelajar ini sangat identic dengan arak-araan gunungan gerbeg yang nantinya akan diperebukan oleh warga karena di percaa dapat mendatangkan berkah.

TRADISI TORON MADURA

Siapa bilang tradisi mudik Cuma bisa dilakukan saat hari raya idul fitri, saat hari raya idul adha, tradisi mudik atau yang biasa disebut toron juga dilakukan oleh warga asal Madura, jawa timur. Sehingga, setiap kali idul adha, orang Madura akan melakukan toron alias mudik sambil membawa oeh oleh. Konon tradisi ini dibuat untuk menjaga ikatan osial antara masyarakat Madura perantau dengan tanah kelahirannya unik dan penuh makna banget kan cara merayakan idul adha ala masyarakat Madura ang satu ini.

TRADISI ACCERA KALOMPOANG GOWA

Tradisi accera kalompoang adalah cara meraykan idul adha yang dilakukan oleh masyarakat gowa, sulawesia selatan, biasana setelah hari raya idul adha, prosesiadat ini dilakukan dengan pencucian benda-benda pusaka milik kerjaan gowa. Tentu saja, tradisi accera kalompoang gowa ini menjadi salah satu cara merayakan idul adha yang berbeda dari daerah lainnya.

TRADISI MANTEN SAPI PASURUAN

Kalau biasanya sapi dikurbankan saat idul adha, di pasuruan jawa timur ada sebuah tradisi supir unik di mana sapi akan didandani terlebih dahulu sebelum disembelih jadi qurban. Tradisi manten spi di pasuruan memang menjadi cara merayakan idul adha yang sudah diawariskan secara turun temurun. Dalam ritual ini, sapi akan dimandikan kemudian dirias dengan bunga-bunga tidak cukup sampai disitu sapi akan diarak keliling kampong sampai akhirnya dituntun ke halaman masjid

TRADISI APITAN GROBOGAN

Masyarakat di Jawa Tengah tentunya juga punya cara merayakan idul adha yang menarik banget nih, di grobongan, ada yang disebut sebagai tradisi apitan. Tradisi apitan yang juga disebut sebagai tradisi merti bumi atau sedekah bumi ini digelar setiap tahun sebagai perwujadan rasa syukur masyarakat terhadap anugerah dan rezeki dari sang penipta.

Nah buat anda yang senang pergi traveling keluar kota tentu saja menginginkan biaya yang sedikit untuk pergi liburan maka dari itu MAIGA tour and travel kini hadir untuk menyelesaikan masalah anda tersebut bergabunglah menjadi member dari MAIGA tour and travel nantinya anda akan diberikan system reservasi online tour and travel dengan keuntungan komisi dari setiap transaksi yang anda gunakan ayo buruan tunggu apalagi jangan sampai ketinggalan gunakan kesempatan ini sebaik baiknya.

Tags:
  • SHARE!

Related Posts

Comments are closed.