Blog
May24

Ilmu Marketing atau Pemasaran yang jarang diketahui

Marketing atau pemasaran memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan kelangsungan dari suatu perusahaan. Apabila marketing dari suatu perusahaan itu sudah baik, maka kesejahteraan perusahaan pun akan meningkat. Dalam hal ini dapat meningkatkan income perusahaan dan sebagai dampaknya akan memberikan kesejahteraan terhadap pegawai dari perusahaan tersebut. Sebaliknya apabila marketing nya tidak baik, maka kesejahteraan perusahaan pun akan menurun, begitu juga dengan kesejahteraan pegawainya.

Sebelum membahas terlalu jauh mengenai Marketing atau pemasaran, hal penting yang harus diketahui adalah tujuan dari marketing atau pemasaran itu sendiri. Tujuan dari marketing adalah untuk mengetahui kebutuhan (needs), keinginan (wish), dan permintaan (demands) dari kustomer. Sehingga dengan mengetahui tujuan dari marketing, maka perusahaan harus memiliki strategi khusus untuk dapat memenuhi ke-3 hal tersebut.

Setiap perusahaan memiliki strategi yang berbeda-beda untuk memenuhi  kebutuhan kustomernya. Namun secara umum strategi yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia hampir sama sehingga dapat diimplementasikan di perusahaan lainnya. Strategi yang dimaksud adalah STP (Segmentation, Targeting, Positioning) dan 4 P (Product, Price, Place, Promotion). Kedua komponen tersebut tidak dapat dipisahkan karena saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Kenapa demikian ? berikut penjelasannya.

Segmentation (S) atau pembagian pasar adalah langkah awal yang dilakukan untuk mengetahui potensi pasar atau untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan suatu produk atau jasa diperlukan oleh kustomer. Dengan menentukan segementasi yang jelas, perusahaan dapat melakukan proses pemasaran yang lebih efektif dan tepat sasaran. Karena tidak sedikit perusahaan yang mengalami kerugian besar karena tidak melakukan riset atau segementasi pasar sebelum memasarkan produk atau jasa mereka. Sebagai contoh yang sangat sederhana, kalau produk yang anda miliki adalah peralatan dapur, maka segmentasi yang tepat adalah  anda memasarkan produk anda kepada ibu ibu rumah tangga. Namun ketika anda memiliki jasa pariwisata, maka jasa anda akan sangat dibutuhkan ketika anda memasarkannya kepada para pelancong atau turis.

Setelah menentukan segmentasi pasar, maka langkah selanjutnya adalah Targeting (T) atau penentuan target. Targeting ini dapat dilakukan berdasarkan kebutuhan (needs), keinginan (wish), dan permintaan (demands) dari kustomer. Dengan membuat targeting yang terukur disetiap awal bulan, maka perusahaan dapat menentukan strategi dan mengetahui modal awal yang dibutuhkan untuk mencapai suatu target. Hal ini bertujuan agar tidak terjadinya pemborosan dalam melakukan promosi (Promotion) terhadap pelanggan atau kustomer.

Promotion (P) merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara terus menerus agar produk dan jasa dari perusahaan dapat dikenal atau diketahui oleh kustomer atau masyarakat umum. Pendekatan yang dilakukan oleh kustomer sebelum membeli produk atau menggunakan jasa yang perusahaan tawarkan adalah dengan cara mengetahui mengenai perusahaan tersebut. Setelah itu mereka akan melihat produk atau jasa yang ditawarkan, kemudian needs dan wish akan berperan ditahap ketiga, dan terakhir akan menghasilkan demands atau permintaan. Tentunya pelanggan tetap mempertimbangkan 4P (Product, Price, Place, dan Promotion) dari perusahaan anda. Apabila produknya sudah bagus atau pelanggan anda memang membutuhkan produk tersebut, maka pelanggan anda akan melihat harga dari produk anda, ketika produk dan harga sudah sesuai, maka pelanggan anda ingin mengetahui dimana lokasi perusahaan anda agar mereka yakin dengan perusahaan anda, dan terakhir kembali ke promosi yang menarik, maka buatlah promosi dengan selalu memberikan penawaran yang menarik bagi kustomer.

 

Tags:
  • SHARE!

Author: 

author

Related Posts

Leave a Reply