Blog
Feb29

Ingin Meningkatkan Hubungan dengan Supplier ? Lakukan 5 Langkah Ini !

Hubungan baik dengan supplier memegang peran penting dalam kelancaran bisnis tour dan travel anda. Supplier adalah salah satu bagian penting dari rantai bisnis. Memiliki pemasok yang handal dan terpercaya di setiap tempat anda bekerja dan menyediakan setiap jasa yang anda inginkan merupakan hal yang sangat luar biasa.

Permasalahan dalam bisnis tour dan travel akan menjadi lebih sederhana jika anda memiliki supplier yang mampu menyediakan segala sesuatu yang anda butuhkan, bukan? Namun, hubungan kerjasama ini harus dijaga agar konflik internal antara anda dan supplier tidak mengganggu jalannya bisnis.

Jika Anda Ingin Meningkatkan Hubungan dengan Supplier ? Lakukan 5 Langkah Ini !

1. Bertemu secara Personal

Bertemu secara Personal

Berkomunikasi dengan menggunakan email memang lebih praktis dan menghemat waktu, terlebih untuk kepentingan bisnis sehari-hari. Tetapi ada kalanya, untuk menjaga hubungan dan kerjasama yang lebih erat, anda harus bertemu dan mengunjungi supplier secara personal.

Komunikasi yang terjalin antara anda dengan supplier akan menjadi lebih baik setelah bertemu secara tatap muka. Namun, seringkali jarak yang jauh menjadi hambatan bagi anda dan supplier untuk bertemu secara langsung.

Sehingga disarankan untuk membuat agenda pertemuan pada beberapa pameran pariwisata yang mungkin dihadiri oleh anda dan supplier.

2. Ikutilah Sosial Media Milik Supplier Anda

Ikutilah Sosial Media Milik Supplier Anda

Era digital memungkinkan segala sesuatu dilakukan secara online. Berhubungan antar kota, pulau, bahkan antar negara dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, bahkan hanya dalam hitungan detik saja.

Hal ini tentunya memudahkan anda untuk menjalin komunikasi dengan mereka, seperti mengikuti blog mereka, menulis tweet tentang mereka, dan menjadi bagian dari mereka di sosial media. Supplier anda nantinya akan dengan senang hati membagikan kembali kepada para pengikut mereka mengenai segala sesuatu yang bersangkutan dengan anda.

3. Membangun Kedekatan Personal

Membangun Kedekatan Personal

Membangun kedekatan personal tidak selalu diartikan anda memiliki kedekatan yang intim atau turut campur dalam kehidupan supplier anda. Membangun kedekatan personal yang dimaksud adalah mengetahui beberapa data supplier anda secara personal, informasi, serta beberapa event dan hari libur.

Nantinya, anda dapat mengirimkan bingkisan atau sekedar kartu ucapan ketika lebaran, natal, atau tahun baru kepada supplier. Bukankah ini suatu hal yang sederhana tetapi menyenangkan? Tentunya hal tersebut akan meningkatkan kedekatan personal anda dengan supplier.

4. Perlakukan Supplier Anda secara Individual

Perlakukan Supplier Anda secara Individual 2

Setiap supplier yang anda miliki tentunya memiliki perbedaan, mulai dari jasa yang diberikan, keberadaan lokasi, dan omset tahunan yang disetujui bersama. Karena perbedaan itulah, maka pendekatan yang dilakukan harus berbeda-beda pula.

5. Mempromosikan Supplier Anda

Mempromosikan Supplier Anda

Para supplier akan merasa sangat senang apabila anda dapat mempromosikan keberadaan mereka. Anda dapat menempatkan para supplier tersebut dalam daftar supplier dan menyebutkan mereka dalam website pribadi anda beserta link untuk menuju website mereka.

Anda dapat menempatkan mereka dalam daftar referensi dan menambahkan cerita mengenai kerjasama anda dengan supplier yang berjalan dengan baik. Sehingga supplier akan mendapatkan citra positif dari para pembaca. Yakinlah bahwa mereka juga akan mempromosikan kembali website anda.

Pada akhirnya, hubungan dan kerjasama dengan supplier memang harus dijaga dengan baik mengingat betapa pentingnya peranan para supplier ini dalam rantai bisnis yang anda jalankan.

Jika Anda Ingin Meningkatkan Hubungan dengan Supplier ? Lakukan 5 Langkah Ini ! yang telah disebutkan di atas untuk kesuksesan dan kelancaran bisnis tour dan travel anda. Jika Anda tertarik membuka Bisnis Tour and Travel, Anda bisa lakukan registrasi dengan DAFTAR SEKARANG di bawah ini.

Tags:
  • SHARE!

Author: 

Seorang Content Writer BigBoss yang dipercaya mampu “menghidupkan” berbagai jenis blog. Ingin blog menjadi lebih “hidup” dibanding sekarang? Hubungi saya di sini

author

Related Posts

Leave a Reply