Blog
Apr9

Kiat Sukses Dengan Persiapan Memulai Usaha Tour & Travel

Kejenuhan dan stress kini melanda hampir sebagian besar lapisan masyarakat. Berlibur adalah salah satu jalan keluar untuk melepaskan diri dari kejenuhan dan rutinitas harian yang menjemukan. Terlebih lagi, banyaknya tiket pesawat murah memperbesar keinginan berlibur sekaligus mendorong masyarakat untuk beralih dari angkutan darat ke kapal udara. Membuka usaha agen tour dan travel kini memiliki peluang emas dikarenakan tingginya keinginan masyarakat untuk berlibur dan mudah serta murahnya alat transportasi. Tetapi sebelum anda membuka usaha tour dan travel milik anda sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai persiapan memulai usaha tour & travel.

1

Hal Penting Mengenai Persiapan Memulai Usaha Tour & Travel

Hal penting yang pertama adalah modal. Jangan berkecil hati apabila anda hanya memiliki modal sedikit untuk memulai usaha tour & travel anda. Pada dasarnya, beberapa orang berpikir memiliki modal besar akan menentukan kesuksesan usaha anda. Kenyataan berkata lain, jadilah orang yang kreatif dan gunakan hal-hal disekitar anda. Sebagai contoh, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi sebagai angkutan untuk tujuan wisata jarak dekat. Bahkan anda sendiri pun bisa menjadi pemandu wisata. Mintalah tolong juga pada anggota keluarga untuk membantu anda dengan persiapan memulai usaha tour & travel. Bangunlah relasi yang luas dengan rekan kerja seperti macam-macam tempat penginapan, atau referensi tempat wisata untuk dapat membantu jalannya bisnis. Memiliki relasi yang luas tentu akan membantu anda mendapat harga yang agak miring.

Hal penting yang lain dalam persiapan memulai usaha tour & travel adalah mengenali target konsumen. Apa yang banyak dicari sekarang ini adalah agen tour dan travel yang menawarkan harga murah dengan fasilitas tour yang berkualitas. Menawarkan harga miring tentunya sudah hampir seperti kewajiban jika anda menargetkan masyarakat low budget sebagai target tour dan travel anda. Manfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain untuk membantu mempromosikan agen troul & travel. Bila dirasa perlu, sebarkan brosur yang menarik disertai gambar-gambar, detil wisata, juga harga paket wisata sehingga konsumen pun tertarik dengan tour yang anda tawarkan. Hal yang perlu diperhatikan ketika membuat penawaran adalah jangan memikirkan keuntungan yang akan anda peroleh. Pikirkan dulu kepuasan pelanggan. Apabila pelanggan puas, tentunya mereka akan mempromosikan agen tour dan travel anda secara sendirinya. Tambahkan juga penawaran unik yang membedakan agen tour dan travel anda dari agen-agen yang lain. Anda juga bisa memberikan harga yang disesuaikan dengan budget konsumen seperti paket one day trip, paket kunjungan museum untuk anak sekolah dan lain sebagainya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ruang operasional. Pada awalnya, tidak perlu memiliki ruang operasional yang besar dan mewah. Cukup dengan ruangan ukuran 3×3 dulu. Anda juga harus memiliki komputer lengkap dengan koneksi internet. Tanpa koneksi internet tentunya pekerjaan akan tidak berjalan. Sediakan juga printer untuk mencetak bukti tiket yang sudah dipesan atau bisa juga sebagai bukti pembayaran. Anda juga bisa mengakali dengan memberikan souvenir berupa sticker atau gantungan kunci kepada pelanggan usaha tour dan travel anda. Meskipun sepele, tentunya akan menyenangkan hati mereka. Akhir kata, jangan merasa berkecil hati dan kalah saing dengan agen travel besar. Karena agen travel besar dulunya juga berangkat dari agen travel kecil. Semoga artikel diatas membantu anda dengan persiapan memulai usaha tour & travel.
 

Daftar-Sekarang

Incoming search terms :

Tags:
  • SHARE!

Related Posts

Leave a Reply