Blog
May8

Memaksimalkan Income dengan Pengelolaan Kustomer yang Tepat

Dalam dunia bisnis keberadaan kustomer merupakan faktor utama yang harus dipertimbangkan untuk berjalannya suatu bisnis. Oleh karena itu, sebagian besar pebisnis selalu melakukan riset sebelum membuat suatu produk. Mulai dari riset mengenai produk seperti apa yang laku atau dibutuhkan oleh kustomer, riset mengenai produk yang akan dibuat, sampai riset mengenai pasar atau kustomer itu sendiri. Berikut adalah Tips & Triks yang dapat diterapkan untuk memaksimalkan income dengan pengolaan kustomer yang tepat.

  1. Membuat segmentasi pasar yang jelas

Segmentasi pasar salah satu hal terpenting dalam suatu pemasaran produk agar suatu perusahaan dapat melakukan pemasaran yang lebih efektif. Dengan segmentasi pasar yang jelas, maka perusahaan dapat lebih mudah untuk menentukan target pasar yang terukur. Selain itu, dengan adanya segmentasi pasar maka perusahaan akan lebih mudah untuk menentukan strategi dalam mencapai target tertentu.

  1. Membuat database kustomer

Database kustomer merupakan kumpulan data kustomer atau pelanggan baik yang telah melakukan transaksi maupun yang belum pernah menggunakan produk dari perusahaan. Database ini dapat digunakan secara terus-menerus untuk memberitahukan setiap informasi mengenai produk dan perusahaan. Sehingga pelanggan yang sudah pernah membeli produk kita pun dapat terus melakukan transaksi dan akhirnya dapat menjadi pelanggan tetap. Sedangkan pelanggan yang belum pernah melakukan transaksi akan mulai melirik dan menjadi pengguna dari produk perusahaan.

  1. Men-special kan kustomer

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, kustomer merupakan hal yang paling penting dalam suatu bisnis, oleh karena itu memberikan pelayanan yang spesial terhadap kustomer merupakan hal yang wajib. Karena dengan demikian, kustomer akan merasa nyaman dan biasanya mereka akan memberitahukan kepuasan mereka kepada rekan-rekan mereka untuk menggunakan produk perusahaan anda. Sebagai contoh kita merekap setiap data kustomer kita dengan lengkap termasuk tanggal lahir mereka, kita dapat memberikan diskon khusus kepada mereka yang sedang berulang tahun dengan mengirimkan pesan singkat (SMS). Sehingga mereka akan merasa di”spesialkan”.

 

  1. Sering memberikan informasi atau promo kepada kustomer

Dengan bermodalkan kontak dari para kustomer, kita bisa memanfaatkannya sebagai media promosi gratis yang efektif. Seringlah memberikan informasi bermanfaat yang berhubungan dengan usaha atau bisnis yang dijalani. Sebagai contoh, ketika anda menjalankan bisnis travel, maka informasi yang sesuai adalah seputar tempat liburan yang menarik, tips & trik melakukan traveling yang baik dan benar, cara mendapatkan tiket pesawat murah, dsb. Jangan lupa untuk selalu menawarkan produk ataupun jasa dari usaha yang kita miliki. Dengan cara demikian, maka kustomer akan merasa “beruntung” ketika mendapatkan informasi tersebut dari kita, dan sebagai hasil akhirnya mereka akan semakin percaya untuk menggunakan jasa dan produk yang kita miliki.

https://maiga-travel.com/wp-content/uploads/2014/11/

Tags:
  • SHARE!

Author: 

author

Related Posts

Leave a Reply