Blog
Mar30

Panduan Membuat Laporan Keuangan Usaha Travel

Bagi anda yang memulai bisnis tour and travel, perihal keuangan terkadang membuat anda pusing kepalang. Bagaimana tidak, mengingat usaha travel merupakan jenis jasa, maka anda tak perlu menghitung ketersediaan barang sebagai sesuatu yang amat diperhatikan.

Bisnis jasa jelas memiliki perbedaan dengan bisnis jual beli. Di bisnis jasa, anda perlu memerhatikan bagian produksi dan marketing. Kedua hal ini bergitu vital guna menunjang keberlangsungan usaha travel anda.

Agar bisa membuat laporan keuangan usaha travel yang optimal, maka anda perlu mempelajari kerangka Akuntansi. Dengan mempelajari hal ini, anda bisa membuat sistem akuntansi untuk bisnis anda.

Banyak sekali jenis kerangka laporan keuangan, namun semuanya dibedakan berdasarkan jenis dan kegunaan. Tidak semua jenis laporan keuangan bisa digunakan untuk segala bisnis.

Oleh sebab itu, begitu penting rasanya bagi anda guna mempelajari Panduan Membuat Laporan Keuangan Usaha Travel. Intinya, ketika anda belajar kerangka sistem Akuntansi, terletak pada bagaimana anda mencatat dan mengelompokan keuangan.

Panduan Membuat Laporan Keuangan Usaha Travel

Coba perhatian ini. Setiap ada transaksi, maka secara langsung akan berimbas pada laporan keuangan bisnis anda. Dengan demikian bisa diartikan bahwasanya transaksi keuangan merupakan salah satu aspek yang perlu anda perhatikan.

Pastikan setiap transaksi memiliki sumber yang jelas. Hal ini, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, akan berimbas langsung pada perusahaan travel anda.

Panduan Membuat Laporan Keuangan Usaha Travel

Misalnya, apabila anda saat ini menjalankan bisnis tour and travel, maka artinya bisnis anda menjual jasa, bukan barang. Maka, penghasilan yang anda dapat disebut pendapatan jasa.

Sedangkan perusahaan dagang mendapatkan pndapatan penjualan. Namanya memang berbeda, namun intinya tetap sama. Menjual sesuatu. Oleh sebab itu, sebelum anda membuka sebuah bisnis baru, kenali terlebih dahulu bisnis anda tersebut. Masuk dalam bisnis jasa atau bisnis dagang.

Panduan Membuat Laporan Keuangan Usaha Travel

Ketika terjadi transaksi dan anda mendapatkan pendapatan, maka itu artinya laporan keuangan segera diperlukan. Namun, bagi yang masih pertama tentu akan kesulitan terkait hal ini.

Guna memudahkan di dalam pencacatan, anda masukkan semua pendapatan jasa, dijumlahkan, dan ditempatkan pada kolom penghasilan. Artinya di sini, antara laporan keuangan yang satu dengan yang lainnya itu tetap memiliki kesamaan. Yang membedakan hanya pada elemennya saja.

Panduan Membuat Laporan Keuangan Usaha Travel

Di dalam sebuah perusahaan, khususnya perusahaan jasa, selalu mengeluarkan biaya operasional. Di dalam biaya ini perusahaan mengeluarkan bermacam-macam biaya. Untuk mempermudah di dalam laporan keuangan, maka anda membutuhkan sedikit sentuhan.

Silahkan anda kelompokkan dan jadikan satu pada kolom bagian biaya. Atau, masuk pada kolom pengeluaran. Ini akan mempermudah anda guna melakukan penjumlahan total.

Panduan Membuat Laporan Keuangan Usaha Travel

Meski perusahaan terus berjalan hingga saat ini, terkadang anda tetap bisa memperoleh pendapatan dan pengeluaran, secara kontinue, namun tidak dalam perusahaan anda. Maksudnya, sumber ekonomi yang ada itu di luar dari bisnis yang anda jalankan.

Apabila anda ingin memasukkannya di dalam perusahaan, maka artinya anda masukkan saja pada kolom yang ada. Kelompokkan berdasarkan statusnya, misal pengeluaran atau pendapatan. Selanjutnya, tulis pada kolom keterangan mengenai sumber penghasilan atau pengeluaran itu bisa terjadi.

Panduan Membuat Laporan Keuangan Usaha Travel

Di dalam bisnis, keuangan merupakan aspek terpenting yang tak bisa terelakkan lagi. Bahkan, bisa dibilang hal ini merupakan sesuatu yang mutlak dan harus dimiliki oleh setiap perusahaan.

Guna membawa perusahaan tetap hidup dan bertahan, maka keuangan merupakan salah satu hal yang tak boleh anda remehkan begitu saja. Bisa jadi, perusahaan anda akan terjungkal bila aspek keuangan perusahaan tak anda perhatikan.

Bagi Anda yang tertarik membuka bisnis tour and travel, bisa klik DAFTAR SEKARANG di bawah ini.

Incoming search terms :

Tags:
  • SHARE!

Author: 

Seorang Content Writer BigBoss yang dipercaya mampu “menghidupkan” berbagai jenis blog. Ingin blog menjadi lebih “hidup” dibanding sekarang? Hubungi saya di sini

author

Related Posts

Leave a Reply