Blog
Jun16

Panduan Mendirikan Tour And Travel

Mendirikan sebuah perusahaan bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Namun, apabila anda baru pertama kali melakukannya, maka hal tersebut akan terasa sulit. Salah satunya seperti yang pernah dilakukan oleh MaigaTravel. Sebagai salah satu pionir bisnis trael online, MaigaTravel banyak memiliki pengalaman terkait hal ini.

Guna melakukan pengembangan dari sisi bisnis, maka MaigaTravel pun memutuskan mendirikan PT. Setelah melakukan berbagai praktik di lapangan terkait dengan mendirikan tour and travel, maka berikut ini panduan Mendirikan Tour And Travel:

Panduan Mendirikan Tour And Travel

Hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu membuat perusahaan berbadan hukum. Hal ini merupakan salah satu kunci utama yang perlu anda lakukan agar bisnis yang akan anda jalankan kelak tidak mendapat masalah serius.

Akte perusahaan biasanya berisi mengenai nama perusahaan, bidang perusahaan, nama para pemilik modal, modal dasar, modal disetor, pengurus perusahaan seperti siapa direktur utama, direktur, dan para komisaris. Itu semua patut

Panduan Mendirikan Tour And Travel

Setelah melakukan inspeksi di dalam internal, berikutnya anda perlu mendatangi kantor kelurahan atau kantor kepala desa. Tepatnya, di lokasi di mana anda berdomisili. Apabila keberadaan fisik perusahaan anda sesuai dengan alamat yang tertera, maka camat akan mengeluarkan surat keterangan.

Guna mendapatkan informasi demikian, anda membutuhkan salinan akte perusahaan. Pihak kelurahan pun terkadang menanyatakan status tempat usaha anda, entah menyewa atau milik sendiri. Apabila kolasi bisnis anda merupakan persewaan, maka anda harus memberikan foto copy perjanjian sewa-menyewa.

Sebaliknya, apabila ternyata lokasi bisnis anda merupakan miliki sendiri, maka anda harus memverikan foto copy sertifikat tanah dan IMB. Bahkan, terkadang pula ada yang menanyakan copy bukti bayar PBB. Apakah sudah lunas atau tidak.

Panduan Mendirikan Tour And Travel

Tak hanya berkutat mengenai persyaratan dari sisi administrasi domisili, anda pun harus siap sedia mendaftarkan perusahaan terkait masalah pajak. Orang bijak, bayar pajak. Itu pun berlaku bagi bisnis travel ini. Mulai saat ini, silahkan buat NPWP perusahaan. Guna mendapatkan NPWP, maka anda membutuhkan salinan akte perusahaan dan surat keterangan domisili.

Silahkan mendaftar NPWP perusahaan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Biasanya, saat mengajukan NPWP perusahaan, anda akan diminta memberikan copy SK Menteri tentang Pengesahan Akte Pendirian Perusahaan. Pembuatan
NPWP hanya butuh 1/2 jam. Mulai dari memasukkan berkas di pagi hari hingga mendapat NPWP.

Panduan Mendirikan Tour And Travel

Selesai berkutat dengan NPWP, maka anda membutuhkan akte pendirian perusahaan dari Departemen Hukum dan HAM. Guna mendapatkan akte ini, anda membutuhkan salinan akte perusahaan dan Surat Keterangan Domisili.

Akte pengesahan pendirian perusahaan akan sangat anda butuhkan kelak ketika perusahaan yang baru anda dirikan mulai tumbuh dan berkembang. Oleh sebab itu, jangan sampai lupa mengurus Surat Keputusan Pengesahan Akte Pendirian Perusahaan.

Panduan Mendirikan Tour And Travel

SIUP merupakan bagian terpenting ketika anda sedang memroses pendirian PT. hal ini bertujuan agar perusahaan anda diperbolehkan beroperasi. Umumnya, guna mendapatkan SIUP, anda membutuhkan:

  • Mengisi Formulir pengajuan SIUP dengan materai dan cap perusahaan
  • Fotocopy Akte Pendirian
  • SK Menteri Hukum dan HAM tentang Pengesahan Akte Perusahaan
  • Surat Keterangan Domisili Usaha
  • Fotocopy KTP penanggung jawab perusahaan (Direktur Utama/Direktur)
  • Fotocopy NPWP Direktur Utama/Direktur
  • Fotocopy Izin Gangguan (HO) untuk usaha-usaha tertentu
  • Pas Photo Direktur Utama/Direktur (berwarna dan berukuran 3×4 sebanyak 2 lembar)
  • Dan masih banyak yang lainnya.

Apabila anda mengalami kesulitan mengurus berbagai hal tersebut, maka anda bisa bergabung dengan MaigaTravel. Selain memiliki variasi produk yang lumayan besar, anda pun diberikan kemudahan.

Bagi Anda yang tertarik membuka bisnis tour and travel, bisa klik DAFTAR SEKARANG di bawah ini.

Tags:

Rate this article!

  • SHARE!

Author: 

Seorang Content Writer BigBoss yang dipercaya mampu “menghidupkan” berbagai jenis blog. Ingin blog menjadi lebih “hidup” dibanding sekarang? Hubungi saya di sini

author

Related Posts

Leave a Reply