Blog
Mar10

Pondasi untuk Membangun Bisnis

Manfaatkanlah Sosial MediaJatuh bangun dalam membangun bisnis adalah suatu hal yang sering terjadi, bahkan tidak sedikit orang yang sering berganti bisnis karena alasan tertentu. Untuk itu perlu kembali ditelaah bisnis apa sebenarnya yang sedang dijalankan ? darimana seharusnya bisnis itu dimulai agar memiliki pondasi yang kuat, kokoh terus tumbuh dan barokah.

Dalam artikel kali ini, admin akan membahas mengenai cara untuk membangun pondasi bisnis atau usaha yang kuat agar kita tidak mudah menyerah atau berganti-ganti bisnis yang sedang kita jalani. Selain dapat membuat kita lebih tahan banting ketika menghadapi masalah dalam bisnis, kita juga akan memiliki solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang sering dihadapi dalam dunia bisnis.

Sebelumnya admin ingin menguraikan terlebih dahulu apa masalah yang sering muncul dalam menjalani bisnis atau usaha ? apakah masalah tersebut tidak bisa diselesaikan? Ayo simak artikel ini agar anda lebih dewasa dalam menghadapi masalah dalam bisnis anda. Masalah paling mendasar yang sering dijumpai adalah kesulitan dalam memasarkan produk. Kita semua sudah sering melihat bahwa begitu banyak produk yang dinilai bagus dan berkualitas namun akhirnya kurang mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Sehingga menimbulkan kekecewaan bagi perusahaan karena tidak tercapainya target penjualan yang telah direncanakan sebelumnya.  Terlebih sudah banyak modal yang telah dikeluarkan untuk memproduksi produk tersebut. Dari sini kita bisa mengambil pelajaran bahwa produk yang bagus dan berkualitas pun tidak cukup untuk membuat suatu bisnis dapat berjalan dengan mulus, namun diperlukan juga marketing (pemasaran) yang tepat dan effesien sehingga target-target perusahaan dapat tercapai. Namun dalam artikel ini admin tidak ingin membahas sercara teknis mengenai bagaimana marketing yang tepat dan effesien itu, melainkan hanya menjabarkan beberapa hal yang menyebabkan sulitnya melakukan marketing tersebut.

Terdapat beberapa faktor yang menimbulkan kesulitan dalam melakukan marketing atau pemasaran suatu produk. Diantaranya adalah produk yang dipasarkan adalah produk yang biasa-biasa saja, artinya tidak adanya inovasi atau sesuatu yang unik dari produk tersebut sehingga membuat orang merasa ingin tahu dan penasaran dengan produk tersebut. Hal pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah membuat suatu inovasi atau kreativitas dengan produk anda, libatkan secara penuh diri anda dalam proses tersebut sehingga anda dapat mengenal lebih baik produk yang akan jual di pasaran. Faktor kedua yang membuat anda sulit memasarkan produk anda adalah kualitas produk yang kurang baik. Produk yang bagus saja memiliki kemungkinan gagal, apalagi produk yang tidak bagus atau kurang bagus. Tingkatkan kualitas produk anda agar konsumen anda merasa puas dan kembali lagi untuk membeli produk anda. Faktor ketiga adalah pelayanan yang baik terhadap konsumen. Konsumen adalah orang yang akan menggunakan produk anda, jadi perlakukanlah mereka dengan baik walaupun mereka hanya ingin bertanya saja mengenai produk anda. Sering kali kebanyakan pelaku bisnis tidak memperhatikan hal ini, sehingga customer service mereka membuat konsumen marah akibat pelayanan yang kurang baik. Hal ini tidak hanya menghilangkan kepercayaan konsumen terhadap produk anda, tetapi juga hilangnya keperdulian mereka terhadap perusahaan anda. Hal ini akan bertambah fatal dan berbahaya bilamana konsumen tersebut menceritakan hal ini kepada konsumen lainnya. Alhasil produk dan perusahaan anda akan di cap “buruk” oleh masyarakat umum, sehingga sebagus dan seunik apapun produk yang anda hasilkan, tidak akan mendapatkan respon positif oleh konsumen.

Jadi sebagai kesimpulan, poin-poin penting yang harus anda miliki dalam menjalani bisnis adalah, selalu berinovasi dengan produk yang akan anda hasilkan, utamakan kualitas produk, dan berikan pelayanan yang baik kepada konsumen anda.

 

https://maiga-travel.com/wp-content/uploads/2014/11/

Incoming search terms :

Tags:

Rate this article!

  • SHARE!

Author: 

author

Related Posts

Leave a Reply