Blog
Feb23

Tantangan-tantangan Bisnis Tour and Travel Online

Bisnis online tak hanya milik para pengusaha baju, handphone, atau barang-barang lainnya namun juga jasa, seperti bisnis tour and travel.

Bisnis online yang diseriusi pun dapat mendatangkan keuntungan dan bahkan sudah banyak orang yang sukses melakukan bisnis online, tak terkecuali bisnis tour and travel.

Namun tentunya ada perbedaan cara berbisnis online dengan cara berbisnis yang berhadapan langsung dengan customer atau pelanggan.

Ada tantangan-tantangan yang seringkali bisa menjadi penghambat kemajuan bisnis sehingga Anda perlu mempelajarinya agar bisnis tour and travel online yang Anda jalankan bisa berjalan lancar.

Inilah beberapa Tantangan-tantangan Bisnis Tour and Travel Online:

1. Buruknya Konektivitas Sebagai Tantangan Bisnis Tour And Travel

Buruknya Konektivitas Sebagai Tantangan Bisnis Tour And Travel

Konektivitas adalah hal utama yang mendukung kelancaran bisnis online. Meskipun di Indonesia ini koneksi internet sudah hampir merata, namun ada beberapa wilayah yang koneksinya belum stabil. Hal itu tentu saja bisa menjadi penghambat bisnis tour and travel online Anda.

Apalagi Anda mengandalkan koneksi internet untuk berkomunikasi dengan customer. Bisa-bisa para customer akan menyangka bahwa bisnis tour and travel online Anda abal-abal karena koneksi internet yang terputus atau tidak stabil.

Maka dari itulah, Anda harus punya solusi yang tepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena masalah buruknya konektivitas.

Usahakanlah Anda punya 2 penyedia layanan internet yang berbeda atau lebih sehingga jika salah satu penyedia layanan internet tersebut sedang down maka Anda bisa menggunakan penyedia layanan internet lainnya sebagai koneksi cadangan Anda.

2. Fitur Pencari Buruk

Fitur Pencari Buruk

Pastilah seseorang yang menjalankan bisnis tour and travel online mengandalkan website sebagai media pemasarannya. Namun yang perlu menjadi perhatian pada website tersebut adalah fitur pencarinya.

Fitur pencari ini adalah fitur yang penting agar customer atau pelanggan dapat dengan mudah mencari tiket, hotel, ataupun tujuan wisata yang mereka inginkan hanya dengan satu kali klik. Sayangnya tidak sedikit website bisnis tour and travel online yang lupa menyematkan fitur pencari atau malah fitur pencarinya buruk.

Maka jika Anda berniat membuat website untuk bisnis tour and travel, jangan lupa untuk memberikan situs pencari di dalamnya. Perhatikanlah pula kinerja dari situs pencari tersebut agar terus berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan masalah jika digunakan oleh customer.

3. Sinkronisasi Data

Sinkronisasi Data

Tantangan-tantangan Bisnis Tour and Travel Online lainnya adalah sinkronisasi data. Sinkronisasi data antara agen travel dengan maskapai atau hotel adalah hal penting lainnya. Jika sinkronisasi data tersebut gagal atau bermasalah maka tentu bisnis Anda menjadi terhambat. Pelanggan pun juga merasa kesulitan dalam membooking karena masalah sinkronisasi data tersebut.

Namun jika Anda terus menerus meng-update sistem reservasi secara rutin maka hal itu tentu tak akan jadi soal. Anda pun juga harus bekerjasama dengan maskapai dan hotel supaya masalah sinkronisasi data dapat teratasi dengan baik.

4. Kebijakan Pembatalan Pesanan

Kebijakan Pembatalan Pesanan

Terkadang ada pembatalan pesanan sepihak dari customer. Hal itu tentu bukanlah hal yang remeh karena menyangkut uang customer dan reputasi dari bisnis tour and travel online Anda. Maka dari buatlah kebijakan pembatalan pesanan yang sama-sama tidak merugikan antara pebisnis dan customer.

Berikanlah penjelasan kebijakan pembatalan pesanan di website bisnis tour and travel online Anda. Tak lupa bekerjasamalah dengan maskapai atau hotel yang memberikan kelonggaran dalam kebijakan pembatalan.

5. Informasi Produk

Informasi Produk

Pastikanlah informasi mengenai produk bisnis Anda jelaskan dengan detail. Jika produk bisnis tour and travel Anda tidak Anda informasikan kepada customer dengan baik maka akan menjadi masalah.

Maka dari itulah, Anda harus tau seluk beluk mengenai hotel, maskapai, tiket perjalanan atau produk bisnis tour and travel lainnya agar layanan bisnis tour and travel Anda reputasinya bagus di mata pelanggan

Nah itulah beberapa Tantangan-tantangan Bisnis Tour and Travel Online. Semoga bisnis tour and travel online Anda semakin sukses. Untuk mengenal lebih jauh bisnis tour and travel, klik di sini

Tags:
  • SHARE!

Author: 

Seorang Content Writer BigBoss yang dipercaya mampu “menghidupkan” berbagai jenis blog. Ingin blog menjadi lebih “hidup” dibanding sekarang? Hubungi saya di sini

author

Related Posts

Leave a Reply