Blog
Nov3

Tips Mempertahankan Bisnis

cara-memulai-bisnisMemulai bisnis dan mendapatkan konsumen menjadi tujuan utama para wirausahawan.  Mendapatkan kepercayaan dari pelanggan adalah hal utama , dan mempertahankan kepercayaan pelanggan yang jauh lebih sulit bagi wirausahawan. Tidak banyak usaha yang awalnya banyak diminati ,dan seiring berjalannya waktu menjadi biasa saja. Atau sudah tidak digemari para pelanggan , karena merupakan hal yang biasa dan tidak ada daya tarik yang lebih. Menjadi wirausaha membutuhkan inovasi dan harus kreatif. Hanya dengan modal uang,mental saja tidak cukup,tetapi modal kreatifitas dan inovasi juga menjadi peran penting di sebuah usaha. Kebanyakan usaha yang saat ini dijalani ialah usaha yang dimiliki anak muda,wirausahawan muda. Saat ini anak muda hanya memiliki modal dan mental saja,tetapi inovasi yang ia berikan sangat kurang terhadap kreatifitas usaha nya. Sebagai contoh , saat ini musim membuka kafe dimana-mana. Tetapi kafe itu hanya bisa betahan selama 3-5 bulan , untuk bulan berikutnya kafe itu menjadi sepi. Kenapa ? berikut ini ialah hal-hal yang harus diperhatikan agar usaha anda dapat bertahan lama dengan kreativitas dan inovasi yang super,

 

  1. Menerima Kritik dan Saran

Secara keseluruhan setiap pelanggan pasti ingin merasa puas,dan beruntung. Tidak ada yang ingin merasa rugi sedikitpun. Ia tidak memikirkan kita akan rugi atau tidak. Selain itu,ia selalu ingin mendapatkan full service,tidak peduli apakah kita memiliki kebatasa pegawai ataupun alat. Salah satu cara agar kita dapat mempertahankan pelanggan ialah mendengarkan keluh kesah nya konsumen,cara nya bisa kita sediakan kotak saran ataupun di bon akhir kita bisa meminta komentar atau pun pendapat dari konsumen minimal 2 kalimat untuk memajukan bisnis dan memperbaiki yang kurang dari bisnis kita.

 

  1. Follow up

Agar mempertahankan hubungan antar pelanggan,sebaiknya kita mencatat data dari setiap konsumen yang membeli atau pun konsultaasi ke produk atau jasa kita. Dengan adanya data kita dapat mem follow up ulang pasca konsultasi/pembelian pertama. Walaupun cara ini dianggap sepele,tetapi jarang ada perusahaan yang ingin melakukan hal ini,mereka merasa kurang peduli dan lebih memilih untuk mencari sasaran baru/konsumen baru di bandingkan dengan mem follow up konsumen lama.

 

  1. Mengajak Pelaggan Aktif di Sosmed

Dengan kemajuan teknologi yang saat ini sudah tidak aneh,banyak perusahaan produk maupun jasa memiliki akun  officiall usahanya. Tujuan dari memiliki akun ini ialah untuk memperlihatkan benefits dari produk kita dan memperlihatkan eksistensi yang tetap hadir untuk semua kalangan masyarakan dan dapat memperlebar luas nya pemasaran agar menjadi banyak yang melihat dan mencari tahu tentang produk kita.

 

  1. Testimoni

Dengan membuat testimoni atau membuat pengumuman biasanya akan di ambil 3 testimoni terbaik yang akan di tampilkan di website atau timeline sosial media bisnis kita. Para konsumen merasa senang jika testimoni dia kita repost sebagai konsumennya. Karena itu akan membuat akun nya dikenal banyak orang dan jika produk kita bagus dan berkualitas maka ia akan bangga telah menggunakan produk/jasa kita. Cara ini memjadikan konsumen menjadi aktid dan memberikan dampak viral dari segi marketing yang menjadikan produk/jasa kita dilihat oleh banyak orang.

 

  1. Memberikan Keuntungan Bagi Pelanggan Setia

Tidak hanya menawarkan promo menarik untuk menjaga loyalitas terhadap konsumen. Kita juga dapat menjalin kerjasama dengan para pelanggan setia. Menawari peluang bisnis bagi para konsumen yang dapat memberikan kita dampak keuntungan yang besar dan dirinya. Seperti membuat program reseller bagi para pelanggan setia kita agar dapat memasarkan produk kita ke orang kenalannya. Cara ini tidak hanya menguntungkan reseller , tetapi juga menguntungkan kita.

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts

Leave a Reply