Blog
Feb25

Tips Mengelola Bisnis Agen Travel Bagi Pemula

Indonesia adalah surganya wisata. Jadi tak salah jika Anda memutuskan untuk membuka bisnis agen travel. Apalagi ditambah kecanggihan teknologi dan internet, peluang untuk dapat meraup pelanggan sebanyak mungkin makin terbuka lebar.

Berikut akan kami ulas beberapa Tips Mengelola Bisnis Agen Travel Bagi Pemula bagaimana sebaiknya mengelola bisnis agen travel. Ini dia tips-tipsnya:

1. Bekerjasama dengan Banyak Pihak

Bekerjasama dengan Banyak Pihak

Ya, berkerjasamalah dengan banyak pihak. Dengan teknologi yang canggih disertai internet cepat tak sulit kiranya untuk menemukan usaha sampingan, seperti bisnis travel agen ini. Biasanya ada yang menawarkan program afiliasi secara gratis tetapi ada juga yang menawarkan sebagai agen pemasaran dengan modal tertentu.

Selain agen travel, bekerjasamalah pula dengan pengusaha rental mobil sehingga Anda cukup memasarkannya saja tanpa harus mempunyai armada untuk menjalankannya.

Kerjasama yang Anda buat dengan banyak pihak tentunya memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis.

2. Buatlah Blog atau Website

Buatlah Blog atau Website

Tips Mengelola Bisnis Agen Travel Bagi Pemula selanjutnya jika Anda sudah menjalin kerjasama dengan banyak pihak, buatlah blog atau website. Jika Anda cukup modal untuk beriklan, maka Anda bisa beriklan seperti pada google adwords, facebook ads atau kerjasama periklanan pada situs yang memiliki kunjungan tinggi pada bisnis terkait pariwisata.

Tapi jika modal Anda mungkin sebagai pemula masih minim, maka kuasailah teknik optimasi supaya pemasaran Anda di blog atau website sukses.

3. Manfaatkanlah Sosial Media

Manfaatkanlah Sosial Media

Jangan pernah tinggalkan sosial media sebagai alat pemasaran bisnis agen travel Anda. Sosial media merupakan alat pemasaran yang tepat karena banyak orang menggunakannya. Ya, Anda bisa memasarkan bisnis agen travel Anda di Facebook, Twitter, Instagram maupun Google Plus.

Tak hanya itu saja, orang-orang pun kini makin kreatif dan banyak pula yang lebih suka menonton video daripada tulisan atau gambar sehingga Anda pun dapat memanfaatkan Youtube sebagai alat pemasaran Anda.

Dengan youtube, para calon pelanggan dapat melihat secara jelas tempat wisata yang hendak dituju sehingga dapat meningkatkan keinginannya untuk segera berwisata dengan agen travel Anda.

4. Fokus pada Jenis Bisnis yang Dipilih

Fokus pada Jenis Bisnis yang Dipilih 2

Mempunyai banyak bisnis sebenarnya sah-sah saja. Namun sebagai pemula kami sarankan untuk fokus pada jenis bisnis yang Anda pilih. Misal, Anda memilih untuk berbisnis agen travel, maka fokuslah pada bisnis tersebut.

Jangan sampai Anda juga bertindak sebagai agen tiket pesawat online, hotel, jasa tour guide, pengurusan dokumen wisata, agen asuransi dan lain-lain karena hal tersebut dijamin akan membuat Anda kewalahan dalam menangani semuanya.

Bisa-bisa bisnis Anda malah mengalami kemunduran karena tidak terurus dengan baik. Tapi jika Anda tetap ingin mengelola banyak bisnis, saran kami buatlah tim.

5. Aktif Bertanya

Aktif Bertanya

Sebagai pemula, hal yang harus Anda lakukan adalah aktif bertanya. Anda harus terus memperkaya diri dengan ilmu-ilmu mengenai bisnis yang sedang Anda geluti.

Anda dapat melakukan diskusi dan konsultasi dengan pihak yang sudah lebih dulu eksis, mengunjungi travel blogger, menghubungi perusahaan tempat anda berafiliasi, maupun aktif dalam forum maupun komunitas di media online.

Nah itulah beberapa Tips Mengelola Bisnis Agen Travel Bagi Pemula.

Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin memulai usaha bisnis agen travel. Apalagi bisnis travel sepertinya tak akan pernah “mati” karena pariwisata terus menyajikan keindahan-keindahannya.

Jika ingin bisnis travel Anda berkembang maka teruslah belajar dan perkaya diri dengan pengalaman-pengalaman. Anda pun dapat mengaplikasikan tips-tips yang telah kami jelaskan di atas. Semoga sukses!

Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai bisnis usaha travel, klik disini. Atau lakukan registrasi dengan DAFTAR SEKARANG di bawah ini.

Tags:
  • SHARE!

Author: 

Seorang Content Writer BigBoss yang dipercaya mampu “menghidupkan” berbagai jenis blog. Ingin blog menjadi lebih “hidup” dibanding sekarang? Hubungi saya di sini

author

Related Posts

Leave a Reply