Blog
Feb23

Tips Menjadi Agen Tour and Travel Sukses

Di Indonesia, usaha tour and travel menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Mengingat Indonesia adalah gudangnya destinasi wisata, maka sangatlah tepat jika Anda memulai bisnis tour and travel mulai dari sekarang.

Anda bisa memulai usaha bisnis tour and travel dengan menjadi agen. Menjadi agen di jaman modern ini sangatlah mudah dan cepat. Apalagi jika Anda bermitra dengan agen yang sudah profesional dalam bidang tour and travel maka kesempatan Anda menjadi agen sukses semakin terbuka lebar.

Namun tak hanya itu saja, Anda pun bisa mempelajari Tips Menjadi Agen Tour and Travel Sukses di bawah ini:

1. Spesialisasi

Spesialisasi

Jika Anda adalah agen pemula, sebaiknya pelajarilah terlebih dahulu seluk beluk usaha tour and travel. Awalilah usaha Anda dengan spesialisasi pada destinasi yang sedikit terlebih dahulu.

Dengan melakukan hal tersebut maka Anda sedikit demi sediki akan paham sehingga jika pada akhirnya usaha Anda berkembang, Anda pun dapat dengan menguasainya.

2. Personalisasi

Personalisasi

 

Personalisasi disini maksudnya adalah bagaimana menjadi seorang agen yang memiliki ciri khusus dan reputasi yang baik di mata pelanggan.

Berusahalah untuk terus memberikan pelayanan prima bagi pelanggan. Hal tersebut dapat menjadi pembeda dari agen-agen lainnya sehingga pelanggan akan merasa puas dan menjadi pelanggan yang loyal nantinya.

3. Sasaran Market

Sasaran Market

 

Tips Menjadi Agen Tour and Travel Sukses berikutnya adalah sasaran market. Sasaran market merupakan hal yang harus Anda pertimbangkan baik-baik agar tujuan usaha menjadi agen tour and travel dapat Anda rumuskan secara jelas.

Saran kami sasarlah market menengah ke atas karena mereka punya peluang yang lebih banyak untuk berwisata. Mereka mampu dan mau mengeluarkan uang demi kepuasan wisata mereka.

4. Mainkan Tarif Dasar

Mainkan Tarif Dasar

Menjadi agen tour and travel membuat Anda leluasa untuk menentukan tarif pada pelanggan. Anda bisa memilih apakah menjual dari tarif dasar saja ataupun mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu.

Tapi lebih baik sebagai agen gunakanlah tarif dasar saja karena Anda akan lebih fleksibel menentukan atau mengubah tarif seusi kebutuhan saat Anda nantinya menawarkan kepada pelanggan.

5. Evaluasi Kinerja Rutin

Evaluasi Kinerja Rutin

Disamping Tips Menjadi Agen Tour and Travel Sukses yang telah disebutkan sebelumnya, evaluai kinerja rutin diperlukan pula agar usaha Anda sebagai agen tour and travel dapat berkembang.

Jika Anda sendirian dalam mengelola usaha tour and travel, maka tiap minggu atau lebih baik lagi setiap harinya menanyakan beberapa pertanyaan pada diri sendiri.

Misalnya, apakah sudah memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan? Bagaimana kinerja Anda selama ini? Buatlah daftar hal-hal yang harus Anda perbaiki shingga memudahkan Anda untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

6. Membangun Reputasi

Membangun Reputasi

Mengawali usaha menjadi agen tour and travel bukanlah perkara mudah. Namun jika ada niat dan kemauan untuk terus bekerja keras maka hasilnya pun akan terlihat. Membangun reputasi usaha Anda tentulah penting agar Anda terus menerus dipercaya oleh pelanggan.

Membangun reputasi bisa Anda lakukan dengan memaksimalkan layanan, merespon pelanggan dengan cepat, dan menjual keahlian, bukan asal menjual paket liburan.

7. Marketing

Marketing

Marketing adalah ujung tombak dari usaha agen tour and travel Anda. Punya usaha tapi tidak memaksimalkan marketingnya maka siap-siap saja Anda gulung tikar. Ada banyak cara untuk memaksimalkan marketing, salah satunya yang populer saat ini adalah online marketing.

Anda bisa menggunakan berbagai sosial media untuk menjaring pelanggan dari berbagai daerah bahkan negara. Jangan lupa buatlah website yang menarik dengan penjelasan lengkap agar pelanggan Anda bisa membukanya sewaktu-waktu. Itulah Tips Menjadi Agen Tour and Travel Sukses.

Teruslah belajar dan berusaha maka menjadi agen tour and travel yang sukses bukanlah impian belaka. Jika Anda ingin belajar lebih lanjut mengenai agen tour and travel, silahkan lakukan registrasi.

 

Tags:
  • SHARE!

Author: 

Tim Content Writer yang dipercaya mampu "menghidupkan" berbagai jenis blog. Ingin blog menjadi lebih "hidup" dibanding sekarang? Hubungi saya di sini

author

Related Posts

Leave a Reply