Blog
Mar8

Tips untuk Meningkatkan Pemesanan Travel Grup

Persaingan di bisnis tour dan travel semakin ketat dengan mudahnya seseorang menjadi agen tour dan travel. Mereka semakin mencari cara untuk mengembangkan bisnis mereka agar tidak tenggelam dalam persaingan.

Menyediakan sebuah paket wisata untuk sekumpulan orang atau grup, tentunya memberikan peluang yang besar dalam persaingan bisnis tour dan travel. Hal ini tentu meningkatkan komisi untuk para agen.

Selain itu, membuat suatu perjalanan untuk grup mampu menyediakan perjalanan yang bermanfaat untuk klien, misalnya pilihan perjalanan yang lebih bervariasi, menghemat biaya, dan kesempatan untuk berlibur bersama orang yang memiliki kesamaan tujuan.

Anda tidak perlu menjadi seorang sales yang expert untuk memulai menjual paket wisata kelompok. Inilah beberapa Tips untuk Meningkatkan Pemesanan Travel Grup yang akan membantu anda:

1. Setting Pernyataan Anda

Setting Pernyataan Anda

Tidak perlu bagi anda untuk memperkenalkan anda adalah seorang agen tour dan travel dari brand A di awal pernyataan anda dengan klien. Mereka hanya akan merespon “sepertinya saya belum pernah mengetahui agen tour dan travel anda sebelumnya”.

Ada baiknya anda menggunakan pendekatan dengan menggunakan pernyataan yang lebih menarik perhatian mereka.

Misalnya, “pernahkah anda ingin merencanakan suatu perjalanan untuk banyak orang dan anda berusaha mencari di internet tentang berbagai macam paket perjalanan wisata, lalu anda menemukannya tetapi anda masih bingung manakah yang lebih sesuai dengan anda?”.

Kemudian anda akan menjelaskan kepada mereka bahwa anda sudah bekerjasama dengan banyak orang untuk menyelenggarakan suatu perjalanan sekaligus menunjukkan bukti-buktinya. Yakinkan mereka bahwa anda sudah membuat suatu perjalanan yang sangat mengesankan bagi klien anda selama ini.

Seorang agen tour dan travel yang baik selalu memberikan informasi yang detil dan jelas, serta memberikan keyakinan bagi kliennya bahwa perjalanan yang mereka lakukan akan sangat menakjubkan bila bersama dengan agen anda.

Fokuslah untuk berbicara mengenai kenyamanan dan keamanan yang anda dapat berikan kepada klien anda daripada berbicara mengenai harga yang murah.

2. Tentukan Pasar Anda

Tentukan Pasar Anda

Agar lebih fokus, anda harus menentukan pasar yang akan anda tuju dan siapakah yang menjadi sasaran. Hal yang paling umum adalah paket wisata untuk reuni keluarga, pernikahan, liburan anggota tim sepakbola, atau liburan regu militer.

Anda harus membaca potensi dari pasar kemudian membuat program yang sesuai dengan mereka. Seperti contoh: sebuah perusahaan tour travel X yang mengorganisir perjalanan Irlandia-Inggris, membuat suatu tour yang menawarkan kliennya untuk menyusuri jejak-jejak nenek moyang mereka dan mempelajari kembali sejarah.

Perusahaan tentunya akan menyesuaikan jadwal untuk pemesanan, seperti: kunjungan ke benteng-benteng, kunjungan ke taman, ataupun tempat-tempat bersejarah lainnya.

3. Promosikan Dimana Klien Menghabiskan Waktu

https://maiga-travel.com/wp-content/uploads/2016/03/Promosikan-Dimana-Klien-Menghabiskan-Waktu.jpg

Dalam hal ini, anda dapat menyediakan paket seperti paket honeymoon atau liburan sekolah. Seringkali mereka bingung untuk meluangkan waktu kemana ketika sedang memiliki liburan panjang atau mereka sudah bosan destinasi yang itu-itu saja.

Anda harus mempromosikan paket yang anda miliki dengan menuliskan keyword yang menarik untuk postingan anda. Akan lebih mudah, jika anda menggunakan digital marketing sehingga klien anda dapat menemukan dalam sekali klik saja.

4. Membangun Hubungan Kerjasama

Membangun Hubungan Kerjasama

Hubungan kerjasama yang dimaksud disini adalah kerjasama dengan penduduk lokal daerah dimana tempat wisata tersebut berada. Dengan menjalin kerjasama bersama mereka, akan lebih mudah bagi anda untuk mengorganisir trip anda.

Misalnya, anda bekerja sama dengan fotografer lokal. Fotografer tersebut akan dengan mudah memperoleh foto yang pas momentnya karena dia sudah menguasai betul cuaca dan geografis daerah tersebut. Foto itu akhirnya dapat menjadi daya tarik bagi usaha tour dan travel anda.

5. Menjaga Hubungan dengan Klien

Menjaga Hubungan dengan Klien

Hubungan yang baik dengan klien harus tetap anda jaga baik ketika sedang bekerjasama maupun setelah kerjasama anda berakhir.

Hal tersebut akan membuat mereka akan kembali memesan paket wisata dari anda. Bahkan, jika anda melihat ada potensi dari seseorang untuk ikut memesan pada agen anda, cobalah tetap menghubungi sekalipun dia sudah menolak.

Kita tidak pernah tahu, setelah mereka berusaha memakai jasa agen lain atau bahkan mengorganisir sendiri, mereka cukup puas atau tidak.

Bisa jadi, mereka tidak puas dan merasa kelelahan. Disitulah anda masuk dan memperkenalkan agen tour dan travel anda.

6. Berpikir dan Berlaku Positif

Berpikir dan Berlaku Positif

Untuk menjaga hubungan kerjasama, tentunya anda harus menunjukkan sikap yang positif selama klien menggunakan jasa anda.

Lebih baik lagi, jika anda menunjukkannya baik sebelum, sedang, maupun sesudah bekerjasama. Sehingga mereka merasa nyaman bekerja dengan anda. Ini adalah kunci utama dalam keberhasilan promosi anda.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka bisnis tour and travel, bisa klik DAFTAR SEKARANG di bawah ini.

Tags:
  • SHARE!

Author: 

Tim Content Writer yang dipercaya mampu "menghidupkan" berbagai jenis blog. Ingin blog menjadi lebih "hidup" dibanding sekarang? Hubungi saya di sini

author

Related Posts

Leave a Reply